Republik Blogger

September 20, 2008

Kamera Digital dengan Hasil Maksimal

Filed under: komputer — cah Pamulang @ 9:33 PM

Di dunia digital saat ini, saat perangkat kamera digital sudah menjangkau semua segmentasi pasar, orang awam sekalipun dapat dengan mudah menjadi fotografer profesional dalam arti fotografer yang mendapatkan income dari gambar yang diambil. Baik untuk kepentingan personal maupun untuk kepentingan publikasi media.

Kecanggihan teknologi dan fitur-fitur user-friendly yang dibenamkan di dalam kamera digital menjadikan produk ini sebagai perangkat yang serba praktis, namun tetap mampu menghasilkan gambar berkualitas maksimal. Kamera digital keluaran terbaru bahkan tidak hanya memiliki banyak pilihan model pengambilan gambar, tapi juga dilengkapi dengan perangkat lunak pengolah gambar.

Tapi meskipun teknologi kamera digital sudah berkembang sedemikian jauh, tidak sedikit pengguna yang belum memanfaatkan fitur-fitur di dalamnya secara maksimal. Padahal, dengan memahami fungsi masing-masing fitur, gambar yang dihasilkan bisa lebih bagus dan memuaskan.

Berikut beberapa fitur dan teknologi kamera digital yang dapat memaksimalkan hasil pengambilan gambar:

  • Layar LCD
    Kehebatan paling menonjol dari sebuah kamera digital adalah adanya layar LCD (liquid crystal display) terintegrasi. Ukurannya pun terus mengalami pembesaran hingga mencapai 3 inci lebih, dan sudah memasuki era layar-sentuh. Dengan selalu memonitor setiap gambar yang baru dibidik, Anda bisa menyimpulkan apakah gambar yang diambil sudah sesuai dengan yang diinginkan, baik dari segi ketajaman gambar, input warna dan cahaya maupun fokusnya. Bila belum sesuai, Anda bisa segera mengambil gambar berikutnya.
  • Zoom Optikal
    Salah satu keunggulan kamera digital yang belum dimiliki oleh jajaran ponsel berkamera adalah fitur zoom optikal. Dengan fitur ini, Anda akan lebih fleksibel dalam memilih posisi pengambilan tanpa khawatir obyek yang dibidik akan menjadi terlalu jauh atau dekat. Meskipun ponsel kamera bisa melakukan hal serupa dengan fasilitas zoom digital, tapi kualitasnya akan jauh berkurang karena sebenarnya zoom digital hanya memotong gambar (cropping) pada satu fokus obyek.
  • Pra-fokus
    Kamera digital tidak terlalu responsif dalam merekam gambar. Ketika tombol shutter ditekan, diperlukan waktu sekian detik untuk menangkap obyek yang dibidik sehingga seringkali hasilnya tidak sesuai dengan yang diinginkan, khususnya untuk kasus obyek bergerak. Hal ini bisa disiasati dengan menekan setengah tombol shutter. Ketika obyek yang dinantikan tiba, Anda bisa mendapatkan bidikan yang tepat.
  • Lampu Kilat (Flash)
    Biasanya, dalam mode otomatis, kamera dapat merespon suasana di sekitar obyek apakah memerlukan lampu kilat atau tidak. Namun untuk mendapatkan gambar yang lebih sempurna, Anda bisa menggunakan lampu kilat secara manual, khususnya untuk pengambilan gambar di dalam ruangan atau minim cahaya.
  • Resolusi Gambar
    Meskipun sebuah kamera memiliki resolusi tinggi, Anda masih bisa men-setting hasil gambar ke resolusi rendah. Bila Anda memotret untuk keperluan online, resolusi yang butuhnya biasanya tidak terlalu besar, cukup 600×400. Resolusi yang lebih kecil otomatis memiliki ukuran filenya yang kecil (sekitar 55 KB), sehingga lebih banyak gambar yang bisa disimpan di dalam memori kamera.

Informasi seputar fungsi dan kecanggihan sebuah kamera digital biasanya bisa Anda peroleh dari penjual kamera. Semakin canggih sebuah kamera, biasanya akan lebih memudahkan pengguna dalam pengoperasiannya. Salah satu kamera yang memberikan segudang fitur dan kemudahan adalah kamera Samsung NV20 yang tampil mewah dan elegan dengan balutan stainless steel warna hitam royal glossy berdesain perpaduan antara retro dan klasik-modern.

Kemudahan paling penting yang dimiliki oleh kamera beresolusi 12 megapiksel ini adalah tombol sentuh ”Smart Touch” di sekitar layar LCD 2,5 inci, sehingga pengaturan bisa dilakukan hanya dengan sentuhan jari.

Samsung NV20 dilengkapi dengan zoom optikal 3x, fitur pengurang getaran, penyeimbang kontras otomatis, pengurang kebisingan, teknologi pendeteksi wajah dan perekam video MPEG4 kualitas TV kualitas 30fps. Kamera ini juga memiliki daya tampung yang cukup besar berkat adanya memori internal 20MB.

Untuk mendapatkan suasana natural saat memotret dalam ruangan, bisa menggunakan fitur Fast ASR (Advanced Shake Reduction) yang ada di kamera. Teknologi Fast ASR berfungsi untuk menghilangkan penurunan kualitas foto yang disebabkan oleh guncangan maupun lampu flash.

Kehebatan lain dari kamera berlensa Schneider-Kreuznach ini ada pada Teknologi Auto Cotrast Balance (ACB) yang secara otomatis menghilangkan brightness yang masuk ke kamera sehingga memotret dengan latarbelakang cahaya terang tidak lagi masalah. Selain itu, charger NV20 bisa melakukan pengisian baterei dengan laptop maupun komputer desktop lewat koneksi USB.

Foto: Getty Images

About these ads

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Rubric Theme. Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: